Ada
yang memerinci tujuan pendidikan dalam bentuk taksonomi (sistem klasifikasi)
yang terutama meliputi:
1. Pembinaan
kepribadian
a) Sikap
b) Daya
pikir praktis rasional
c) Obyektivitas
d) Loyalitas
kepada bangsa dan idiologi
e) Sadar
nilai-nilai moral dan agama
2. Pembinaan
aspek pengetahuan yaitu materi ilmu itu sendiri.
3. Pembinaan
aspek kecakapan, keterampilan nilai-nilai praktis.
4. Pembinaan
jasmani yang sehat
Menurut Al-Attas, tujuan pendidikan islam selalu berkaitan
dengan gagasan dan konsep-konsepnya sebagaimana yang telah dipaparkan. Tujuan
pendidikan islam menekankan pada tujuan akhir, yakni menghasilkan manusia yang
baik, dan bukan masyarakat seperti dalam peradaban barat, atau warga negara yang
baik yang dalam persepektif ini adalah individu-individu yang beradab atau yang
bijak, yang mengenali dan mengakui segala tata tertib realitas sesuatu,
termasuk posisi tuhan dalam realitas itu. Sebagai hasilnya, mereka akan selalu
beramal sesuai dengan kaidah itu sendiri.
Daftar Pustaka
Badaruddin,
Kemas. 2006. Filsafat Pendidikan Islam.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Zuhairini.
1984. Filsafat Pendidikan islam.
Jakarta: Bumi Aksara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar